Membaca Komentar di Facebook Bisa Kurangi Kecemasaan Saat Ujian

Rabu, 03 Mei 2017 - 14:19 WIB
Membaca Komentar di Facebook Bisa Kurangi Kecemasaan Saat Ujian
Membaca Komentar di Facebook Bisa Kurangi Kecemasaan Saat Ujian
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan University of Illinois di AS mengungkapkan, bahwa membaca komentar yang mendukung dan mendapat like serta pesan dari teman di Facebook sebelum ujian bisa mengurangi kecemasan dan membantu mendapat nilai ujian yang baik.

Dilansir dari The Hans India, penelitian ini melibatkan mahasiswa sarjana dengan tingkat kecemasan tes tinggi yang meminta dukungan dari teman di media sosial mereka. Hasilnya, mahasiswa yang membaca pesan sebelum ujian berhasil mengurangi tingkat kecemasan hingga 21%.

Mahasiswa pascasarjana universitas tersebut, Robert Deloatch menjelaskan, bahwa mahasiswa dan rekannya yang melakukan latihan menulis ekspresif selama tujuh menit, berhasil melakukan latihan pemrograman komputer dengan baik. Mereka mengalami tingkat kecemasan rendah.

Sejumlah 41% mahasiswa diperkirakan mengalami kecemasan saat tes, yang disebabkan oleh respon fisiologis dan emosional. Hal ini terjadi saat mempersiapkan dan melakukan tes, berkaitan dengan nilai tes yang lebih rendah serta rata-rata nilai kelas juga kinerja buruk pada tugas memori.

Penelitian ini juga menemukan, mahasiswa yang melakukan ujian masalah terbuka, seperti ujian umum pada ujian sains komputer yang mengharuskan siswa menulis dan menjalankan kode, maka kecemasan semakin meningkat. Namun, ketika kecemasan tes berkurang, maka nilai dan kinerja mereka meningkat.

"Kami menemukan bahwa hanya siswa yang menerima pesan dukungan dari jaringan Facebook mereka yang menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kecemasan dan peningkatan kinerja mereka dalam ujian simulasi kami," papar Deloatch.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5004 seconds (0.1#10.140)